Berita an information from faculty

SUBANG-Fakultas Ilmu Komputer Universitas Subang melaunching sekaligus mensosialisasikan lima aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan akademik kepada mahasiswa di Kampus 1 Universitas Subang, Kamis (3/3).

Lima aplikasi tersebut antara lain E-learning, sistem informasi layanan mahasiswa, SMS center, sistem informasi perpustakaan dan satu lagi aplikasi yang bermanfaat bagi pemerintahan desa yaitu aplikasi Pantes (Pelayanan Administrasi Terpadu).

Aplikasi yang dibuat oleh mahasiswa dan dosen Fakultas Komputer ini tak hanya diterapkan di fakultas ini, diterapkan juga di seluruh fakultas yang ada di Universitas Subang. Karena mengingat aplikasi tersebut sangat bermanfaat dalam upaya peningkatan pelayanan kepada mahasiswa.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Subang, Ir Syarif Hidayat MT mengatakan, ini merupakan kepedulian Fakultas Ilmu Komputer untuk memberikan kontribusi dalam implementasi terkonologi informasi di lingkungan kampus lebih dari itu di Kabupaten Subang.

“Dengan dilaunchingnya lima aplikasi ini mudah-mudahan bermanfaat bagi internal kita kampus Universitas Subang. Ada empat aplikasi untuk internal kita, dan satu untuk Kabupaten Subang,” kata Syarif kepada Pasundan Ekspres.

Dia menjelaskan manfaat dari lima aplikasi tersebut. E-learning merupakan aplikasi yang memuat data dosen, mahasiswa, materi ajar, dan hasil proses pembelajaran.

“Ini untuk memperkuat proses pembelajaran, yakni tak hanya di kelas saja. Melainkan mahasiswa dapat mengakses materi pembelajaran dari dosennya. Oleh karena itu, dosen terdorong untuk aktif menulis,” ungkapnya.

Kemudian aplikasi informasi layanan mahasiswa, di mana terdapat data nilai mahasiswa, profile fakultas, jadwal kuliah, kalender akademik, informasi dosen dan staf dan informasi lainnya yang dibutuhkan mahasiswa.

Aplikasi yang tak kalah menariknya yaitu SMS center. Dimana komunikasi aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi internal dan eksternal di lingkungan kampus. Misalnya mahasiswa bisa mengetahui apakah dosen bersangkutan ada di kampus atau tidak.

“Dengan SMS Center ini, semua informasi terkait perkuliahan itu akan dibroadcast melalui SMS ke masing-masing mahasiswa,” ujarnya.

Aplikasi sistem informasi perpustakaan sengaja dibuat juga dimana di dalamnya terdapat data anggota, buku, pencarian data buku dan sebagainya.

Tak hanya aplikasi yang bagi kepentingan internal kampus, dibuat juga aplikasi Pantes (Pelayanan Administrasi Terpadu). Aplikasi ini telah diimplementasikan di desa-desa Kecamatan Purwadadi.

“Terdapat empat layanan yaitu pengelolaan layanan masyarakat, pengelolaan keuangan desa, profil dan potensi desa dan pengelolaan aset desa,” terangnya.(ysp/ded)

 

sumber : Pasundan Ekspres

Why Fasilkom?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini tingkat pengangguran sarjana semakin tinggi. Salah satu penyebabnya adalah pendidikan yang tidak sesuai dengan kebutuhan pasar. Walaupun demikian berdasarkan hasil survey menunjukan bahwa bidang teknologi informasi masih memiliki prospek bagus dalam 5 - 10 tahun mendatang.